Monday 18 September 2017

Benih Belut Super Bojonegoro

Alhamdulillah akhirnya saya bisa memperbaruhi informasi di Blog ini.
ada beberapa hal yang akan saya sampaikan terkait budidaya belut. Semoga bermanfaat.

Pembuatan Media
   
     Media yang harus disiapkan adalah Jerami, Teletong/Kotoran Sapi Kering (tahunan), Tanah Sawah. Dalam hal ini segala jenis jerami diperbolehkan baik yang bagian bawah (dangkel) ataupun jerami yang sudah busuk disawah ataupun jerami yang baru tetapi harus dipotong-potong sekitar 20cm. Untuk Teletong/Kotoran Sapi yang paling bagus adalah kotoran sapi yang sudah kering dalam hal ini kotoran sapi yang sudah tahunan, kadar asam sudah netral, dan tidak berbau. Biasanya dipergunakan sebagai pupuk organik. Untuk tanah yang paling baik adalah tanah sawah yang memiliki sifat lumpur, tidak keras, tidak mengandung krikil

    Setelah ketiga media diatas terkumpul, barulah kita akan mencampur media-media tersebut. Caranya yaitu : mencampur jerami dan teletong dengan EM4 botol kuning yang dilarutkan ke air (jumlah EM4 meneyesuaikan). setelah tercampur kemudian ditutup rapat dan didiamkan sekitar minimal 1 minggu. Ilustrasi pencampuran seperti gambar 1.  Setelah 1 munggu kemudian dimasukkan kolam dan dicampur dengan tanah sawah dan diaduk. setelah diaduk maka ditunggu selama 1 minggu lagi. jadi pembuatan media untuk budidaya belut minimal 2 minggu.

Gambar 1. Proses Pencampuran Media

Pemesanan dan Pengiriman Benih
   
Pemesanan
    Harga benih Per 1 Juli 2017 Naik menjadi Rp. 145.000/Kg dan harga beli panen Rp. 80.000/Kg. Pemesanan benih minimal 1 minggu sebelum benih diambil ataupun minta dikirim. Ada beberapa cara pemesanan benih belut di kita, yaitu : datang langsung ke rumah, via WA (pesan, transfer full dan benih baru kita kirim), Jika takut penipuan silahkan pesan via TOKOPEDIA (mengikuti peraturan dari pihak Tokopedia).

Pengiriman
     Ada beberapa cara pengiriman, yaitu :

  1. Menggunakan Travel (menyesuaikan trayek travel) contoh: menggunakan travel RAMA SAKTI dengan trayek Bjn-Ngawi-Sragen-Solo-Jogja, jadi kita bisa kirim ke kota yang dilewati oleh Travel tsb. Ongkos kirim tergantung jarak sekitar Rp. 100.000/jirigen. ongkos kirim belum termasuk jirigen sekitar Rp. 45.000,-. Satu jirigen ukuran 35liter bisa diisi sampai 20Kg benih. Ongkos kirim 1Kg s/d 20Kg sama saja. 
  2. Menggunakan Kereta Api, kami biasa menggunakan jasa pengiriman kereta api PT. HERONA Cabang Bojnegoro.  Ongkos kirim tergantung jarak sekitar Rp. 100.000/jirigen. ongkos kirim belum termasuk jirigen sekitar Rp. 45.000,-. Satu jirigen ukuran 35liter bisa diisi sampai 20Kg benih. Ongkos kirim 1Kg s/d 20Kg sama saja.
  3. Kita kirim langsung sendiri. Untuk jenis pengiriman ini,kami sendiri yang akan kirim dengan menggunakan mobil MPV (Xenia/Avanza). Cara pengiriman ini yang paling disukai pembeli, karena ada jaminan benih belut sampai dengan aman karena dibawah pengawasan kami langsung dan kami bisa melihat/megoreksi kolam yang akan digunakan untuk budidaya belut. Untuk Ongkos kirim menyesuaikan Jarak tempuh (meliputi Sopir, bensin, Tol, dll). Pengiriman dengan cara ini bisa sampai 500Kg belut sekali angkut. 
  4. Jika mengambil sendiri di tempat kami, mohon membawa wadah sendiri. wadah yang paling efisien adalah jirigen.
Gambar 2.1 Contoh pengiriman
Gambar 2.2 Contoh pengiriman 2
       Sistem Kerjasama

      Sistem kerjasama denga kami cukup mudah dan tidak ribet. Ketika calon pembudidaya benar-benar niat dan serius, maka kami akan memberikan konsultasi gratis (datang ke tempat kami atau lewat WA dan Telpon), pendampingan gratis (kecuali akomodasi). Semua mitra yang membeli benih dari kami, kami memberikan jaminan pemasaran. Dengan pengertian, kami siap membeli hasil panen dengan harga yang telah disepakati diatas. Adapun persyaratanya sbb : Ukuran belut yang dipanen minimal seJempol pria dewasa atau minimal 1 ekor berat 1 ons. sehingga 1Kg isi 10 ekor maksimal. Panen bisa dikirim ke tempat kami minimal 1x24 jam setelah belut habis dipanen, karena untuk menghindari susut dan belut stres ketika dikirim. Pemberitahuan panen minimal 2 minggu sebelum jadwal panen, untuk kami mengatur jadwal panen.

Gambar 3.1 Mitra Budidaya Belut Kami
Gambar 3.2 Mitra Budidaya belut kami

Pelatihan

      Apabila penjelasan kami diatas dirasa kurang bisa membantu calon pembudidaya untuk mengetahui cara budidaya, maka kami bisa memberikan pelatihan. Ada beberapa jenis pelatihan yang kami tawarkan, diantaranya yaitu:

  1. Pelatihan/konsultasi individu atau kelompok kecil < 5 orang datang ketempat kami dan sifatnya Gratis dengan fasilitas seadanya dari kami.
  2. Pelatihan kami adakan secara umum dalam satu waktu, biaya sekitar Rp. 500.000/orang. Biasanya kami adakan setahun sekali. Jadwal menyusul.
  3. Pelatihan dengan kami diundang sebagai narasumber, dengan biaya Rp. 100.000/orang (minimal 25 orang) dan Belum termasuk akomodasi kami (kendaraan, penginapan dan makan).
Gambar 4. Contoh Pelatihan Budidaya Belut


Info Lainya


  1. Hati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan Budidaya Belut Bojonegoro. Blog resmi kami hanya ini. kami BELUM memiliki group FB ataupun Fanspage FB. Jadi jika Anda menemui info budidaya belut tentang kami, itu bukan kami. Banyak modus penipuan lewat FB/Media sosail lainya yang mengatasnamakan kami. 
  2. Alamat kami di Jalan Imam Bonjol No. 38 Bojonegoro (Depan SMP Negeri 5 Bojonegoro). sangat mudah dicari di GMAP denga kata kunci "Budidaya Belut Bojonegoro". 
  3. Nomor HP kami yang bisa dihubungi hanya ada 2, yaitu 08990387976 khusus WA, 081331311535 untuk SMS or Telpon (mohon sms terlebih dahulu dengan menyebutkan nama dan alamat sebelum telpon).  
  4. Nomor rekening hanya atas nama "ANRYZA" nomor rekening silahkan request ketika memesan. jika ragu silahkan memesan lewat TOKOPEDIA dengan kata kunci "Benih belut super" dengan nama toko "Bibit Belut Bojonegoro"

6 comments: